Sabtu, 10 November 2018

BAGAIMANA KIPAS ANGIN AC BEKERJA?


Sebagai masyrakat Indonesia tentu saja kita mengenal dan juga mengetahui dengan jelas apa itu kipas angin dan juga fungsi dari kipas angin. Kipas angin ac adalah salah satu benda elektronik yang sangat penting terutama jika kita tinggal di Indonesia, seperti yang kita tahu jika benda elektronik bernama kipas angin ini memiliki kegunaan untuk mengalirkan udara ke seluruh ruangan sehingga bermanfaat untuk membuat sebuah ruangan menjadi sejuk atau dingin. Namun selain menggunakan dan tahu mengenai fungsi dari kipas angin, apakah Anda sudah tahu bagaimana sih prinsip kipas angin bekerja? Jika belum maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bagaimaan kipas angin ac bekerja? Tak usah menunggu lama berikut adalah infromasinya untuk Anda : 

Bagian-bagian kipas angin :
Sebelum lanjut ke tahapan bagaimana kipas angin bekerja, terlebih dahulu harus mengetahui apa saja elemen yang ada di dalam kipas angin. Di dalam kipas angin terdapat motor penggerak, bagian kupas, rumah kipas, rumah motor, stand atau dudukan kipas lengkap dengan tombol power dan juga tombol untuk mengatur kecepatan. Sekarang ini sudah banyak kipas angin yang disertai dengan remote yang memudahkan kita untuk mengoperasikan kipas angin sebagai pendingin udara di ruangan kita. Anda setidaknya harus mengetahui komponen atau elemen di dalamnya.
Tahapan kipas angin bekerja :

1.    Pengubahan energi
Tidak hanya biasa menggunakannya saja, sebagai masyarakat yang cerdas ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana kipas angin bekerja. Sehingga selain menggunakan dalam kehidupan sehari-hari kita juga perlu untuk mengetahui bagaimana benda elektronik bernama kipas angin ini bekerja. Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai kipas angin ini adalah kipas angin memiliki arus bolak-balik menuju ke kipas angin sendiri. Tahap pertama yang terjadi di dalam kipas angin adalah terdapat motor listrik yang mana bisa mengubah energi listrik menjadi ke energi gerak. Di dalam mesin motor listrik itu terdapat kumparan besi yang bisa bergerak serta sepasang magnet berbentuk U di bagian dalamnya yang diam. 

Ketika listrik sedanrg mengalir ke liliran kawat yang berada di dalam kumparan besi tersebut, akhirnya mengubah kumparan besi ini menjadi sebuah magnet. 

2.    Menghasilkan gaya berputar
Karena tadi kumparan besi berubah menjadi sebuah magnet maka magnet itu menghasilkan gaya berputar berperiodik  pada kumparan besi. Mengapa hal ini bisa terjadi begitu saja? Bisa terjadi karena adanya sifat meganetik yang tolak menolak pada kutub-kutubnya. Karena adanya gaya tolak menolak antar magnet itulah akhirnya kumparan besi bisa menghasilkan gaya berputar pada kipas angin. 

3.    Baling-baling kipas berputar
Bagaimana kipas angin ac bekerja? Karena itulah, poros kumparan menjadi tempat dimana baling-baling kipas angin diletakkan. Hal itu supaya hembusan angin yang ada pada kipas angin nantinya menjadi besar, karena memang diperlukan penambahan tegangan listrik pada kumparan besi tersebut supaya kerja kipas angin menjadi lebih optimal lagi. Jika saklar kita nyalakan maka arus listrik akan mengalir menuju ke kumparan besi dan juga motor kipas angin yang bisa mengakibatkan gaya listrik sehingga motor di dalam kipas angin menjadi bergerak atau berputar. Tahapan selanjutnya adalah baling-baling kipas yang akhirnya bergerak dan menghasilkan angin. 

Cara kerja kipas angin tentu saja berbeda dengan cara kerja air cooler ya. Jika kipas angin menggunakan baling-baling yang terbuat dari plastik untuk menyalurkan energi dari listrik untuk menghasilkan angin maka beda dengan ac. Untuk cara kerja ac sendiri pasti akan lebih complicated dan kami akan membahasnya di lain kesempatan untuk bagaimana cara kerja dari benda elektronik ac. Sekarang Anda semua sudah mengetahui bagaimana cara kerja kipas angin yang sesungguhnya. Sehingga jika mungkin ada bagian dari kipas angin yang rusak maka Anda bisa memperbaiki sendiri atau mungkin tahu dimana kerusakannya karena tahu proses dan juga bagian-bagian yang ada di dalam kipas angin. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan Anda mengenai kipas angin!

0 komentar:

Posting Komentar